Tuesday 6 January 2009

Acara Kebersamaan di awal tahun


Permulaan masuk kantor 5 Januari 2009, tetapi pimpinan dan staf Yayasan/Unika De La Salle Manado tidak ke kampus kami, tapi semua berkumpul dulu di Wisma Keuskupan, Jl. Sam Ratulangi Manado lalu ke tempat acara Natal Bersama yang dibuat di New Mokupa Resort, Jl. Raya Tanawangko.
Acara di tempat itu diawali dengan Misa Syukur, yang langsung dipimpin oleh Mgr. J. Suwatan, MSC (Uskup Manado/yang juga Pendiri Yayasan/Unika De La Salle Manado), didampingi oleh Rektor, Pst Revi Tanod, MA dan chaplain Pst Bonny Olla, Pr. Dalam misa tentu saja ada doa yg kupanjatkan buat institusi tempatku bekerja dan mengabdi, buat para pimpinannya agar mampu menjadi orang-orang yg patut digugu dan jadi panutan, bisa memimpin kami dengan adil dan bijaksana, untuk hubungan kerja yg baik, untuk diriku pribadi dan orang-orang yang ku sayangi, ku hormati dan ku percaya...aku menyadari akan kekurangan dan kelebihanku turut andil, merasa memiliki dan bertanggungjawab, bekerja sebaik mungkin bersama orang lain/rekan kerja lain, tentu saja ku pinta agar di tahun 2009 ini lebih baik dari tahun sebelumnya......... aku mampu meminimalisir kekurangan dalam kerja dan sikap, tapi juga memaksimalkan apa yg ku tahu dan ku punya untuk De La Salle.
Bukan soal ingin mendapat penghargaan Pin Emas (bertuliskan delasalle), karena pemberian pin itu juga akan menjadi tradisi dan ini yang pertama kali untuk para staf yg sejak awal bekerja di De La Salle yaitu dari tahun 2000. Artinya setiap tahun akan ada program/acara mendapat pin emas bila karyawan sudah bekerja selama 8 tahun. Program yg bagus dari pimpinan, tapi bagi pemikiran sederhana ku ...... untuk apa aku mendapat pin emas, tapi kerjaku tidak bagus? Dalam masa 2009 ini, teman-teman ku yang masuk tahun 2001 (artinya juga sudah berkarya selama 8 tahun) entah kerja baik atau tidak sepanjang tahun ini, maka in time di penyelenggaraan Natal bersama maka akan mendapat pin emas juga. Ha..ha.. bagaimana ya??? Sebenarnya harus dipikirkan matang dulu... ndak program dadakan seperti itu (hanya masukan aja, kalaupun ini dianggap kritik tentu yg membangun..Aku ada di dalamnya maka menjadi bagian dari apa pun itu.....). Yah.... De La Salle banyak uang sih jadi bisa dapat emas loh semua yg bekerja, baik level pimpinan maupun staf.... he..he.....

Pemikiran ku sih lebih baik dapat Sertifikat Penghargaan tapi diberikan hanya kepada karyawan yg dinilai kinerja baik sehari-hari, relasi juga baik dengan siapa saja, atau punya prestasi (misalnya karena membuat De La Salle harum namanya, lebih dikenal, dsb), nilai sertifikat yg hanya kertas akan jadi tinggi untukku (iya dong kan ndak semua punya) kalau pingin punya ya kerja baik dong, daripada emas yg mahal tapi bisa dimiliki oleh semua karyawan, maka bagiku harga boleh mahal tapi nilainya turun. It’s not special anymore. Anyway, semuanya harus diapresiasi panitia sudah bekerja baik membuat acara kebersamaan benar-benar acara kebersamaan, tanpa memikirkan suka duka dlm tim, dalam pekerjaan, dan relasi kerja lalu lalu..... udah tahun baru..... mudah-mudahan hal yang baik tetap dipertahankan dan yang kurang....... ditinggalkan saja.
Tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin, kata Rektor sih dalam sambutan natalnya. Bagi Stella di aminkan saja, biarpun harus menarik nafas panjang dan bertanya terhadap diriku sendiri, apa kah aku bisa lebih baik dari tahun kemarin, ataukah kinerjaku biasa saja dari penilaian atasan, ataukah hanya begitu begitu saja kedaanku seperti juga tahun tahun yg sudah berlalu, atau kah standarku terlalu tinggi dlm menilai banyak hal, atau kah aku malah kurang nantinya?? So many big questions..... God, help me through it........ I need You always.

Acara tersebut selain merayakan Natal tetapi juga kebersamaan antara pimpinan dan staf beserta keluarganya. Acara Natal seperti ini memang sudah tradisi di De La Salle tiap tahun diadakan, bisa di kampus ataupun pilih tempat di luar kampus/kantor. Pilihan tahun ini adalah di suatu resort, di pinggir pantai, bisa untuk kegiatan indoor maupun outdoor... seperti yg sudah disiapkan oleh Panitia ada acara untuk anak-anak karyawan yaitu patung-dangdut (diiringi lagu dangdut bergoyang dan lagu dimatikan mereka menjadi patung), tebak kata (2 peraga dan 1 menebak kata), gigit sendok yg ada kelereng sambil bergoyang mengikuti irama lagu, ada juga berpasangan cha cha cha, kemudian family idol (sekeluarga bernyanyi), dan kegiatan outdoor seperti tarik tambang antar unit kerja dan bakiak.....
Seru juga... ndak pake jaim sih kalau mau menikmati keceriaan akan kegiatan seperti itu.

Aku hanya melibatkan diri dalam permainan tebak kata dan juga gigit sendok pake kelereng sambil joget ha..ha.... lumayan dapat juara 2, hadiahnya coklat aja. Tapi bukan itu sih yg dicari....... lebih ke fun nya dan untukku pribadi bisa sedikit melupakan hal-hal yg mengganjal di hati akan banyaknya peristiwa lalu yg menyertai, ada yg mengecewakan tapi ada juga yg membahagiakan yg kebetulan aja terlintas di ingatan......... tapi aku bersyukur semuanya sudah lewat...... make it simple-just my experiences in life. Makan siang bersama teman-teman, duduk duduk sambil makan di bawah pohon, menghadap laut.... menikmati alam... sungguh maha besar-Mu Tuhan akan apa yg sudah Engkau ciptakan, aku bisa menikmati deburan ombak, semilir angin, sejuknya cuaca, dan sempat juga ku perhatikan ada tanaman bakau di pinggir pantai yg masih baik. Oya, selain itu karena di resort itu juga ada kolam renangnya, bersama beberapa teman aku asyik berenang setelah hari sudah mulai sore.... cuek aja berenang pakai swimsuit.... ha..ha... ndak kena aksi pornoaksi kan? Kan kolam renang mandinya masa’kan pakai kebaya (kalau ini sih kata Teddy he.he...)... risih ada sih sedikit dilihat rekan-rekan kerja (soalnya kalau di tempat kerja kan biasanya pakaian yang tertutup)...... tapi cuek aja deh... kalau mata dan pikiran ngeres melihat yang indah indah kan ....... yah mereka sendiri yang susah ...ha..ha... boleh dilihat, ndak bisa dipegang.

Selesai berenang........ masih ngumpul-ngumpul lagi dengan beberapa rekan kerja.... sambil minum sore sih dan dengar mereka nyanyi nyanyi dengan gitar. Wah... aku sih senang dengar lagu, biar suara temanku agak gimana gitu, dengar petikan gitar, minum/makan dan di pinggir pantai, ditambah badanku segar baru mandi, canda tawa dan cerita-cerita lucu yg mengalir......... wah asyiiiiiiiik sekali, kayaknya ini part yg paling oke sih bagiku sepanjang hari kemarin.

Terima kasih Tuhan masih bisa menikmati semuanya ini.... ku syukuri nikmat ini sambil tetap bermohon dan berharap... ku temukan sesuatu yang lebih membuat ku berarti bagi hidupku, keluargaku dan sesamaku. Semoga 2009 memang lebih baik dari tahun yang lalu. Amin

1 comment:

Anonymous said...

Fantastic goods from you, man. I have understand your stuff previous to and
you are just extremely magnificent. I actually like what you've acquired here, really like what you're saying and
the way in which you say it. You make it enjoyable and you
still take care of to keep it sensible. I can not wait to
read far more from you. This is really a tremendous site.


Review my webpage: Tips Isteri Idaman