Saturday, 10 January 2009

Perayaan Syukur 40th Imamat

HUT Imamat ke-40 dari Mgr. J. Suwatan, MSC

Tgl. 8 Jan 2009 lalu adalah Perayaan Syukur 40 tahun Imamat Mgr. Josef Suwatan, MSC (Uskup Manado). Beliau dan umat keuskupan Manado mensyukuri rahmat Imamat (sudah 40 tahun beliau menjadi seorang Imam dan diterimakan Sakramen Imamat kepadanya dulu 8 Januari 1969).


Syukur atas karunia Tuhan kita Yesus Kristus yang telah memberi Kekuatan kepada Mgr Josef Suwatan untuk tetap setia menggembalakan umat di manapun beliau diutus, dan sekarang ini menjadi Uskup Manado.

Sedikit mengekspresikan apa yang ku tahu tentang beliau :
Stella mengenal Mgr Josef sejak beliau menjadi Uskup Manado, sebagai umat pasti mengenal beliau (gembala kami). Tetapi sejak Stella kerja di Yayasan/Unika De La Salle Manado, dimana institusi ini didirikan oleh Mgr Josef Suwatan, menjadi juga institusi kebanggaannya, maka aku bisa lebih sering ketemu, (daripada hanya sebagai umat, maka mungkin bila gereja di wilayah ku ada kegiatan/perayaan besar baru bisa ketemu Uskup kami (bisa tahunan kali))..... tetapi sebagai staf Yayasan De La Salle maka acara formal bisa ketemu seperti di acara-acara Wisuda De La Salle, pernah diminta pegang kamera pribadi beliau dan foto-foto moment-moment tsb, ataupun informal bila beliau berkunjung ke De La Salle, maka Stella juga bisa mudah ketemu beliau. Apalagi sejak aku dipercayakan menjadi sekretaris pribadi Ketua Yayasan masa Pst Agus Mangundap, Pr..... banyak hal stella bisa ketemu dgn Mgr... (lebih sering daripada sekarang).....dan beliau pun beberapa kali menghubungi via sms/telp bila ingin menanyakan beberapa hal mengenai Yayasan atau dokumen penting yang berada di kantor Yayasan. Pernah ada hal yg harusnya Ketua Yayasan yg pergi menghadap (stella pikir begitu), tapi karena menuruti perintah maka aku yg akhirnya ketemu Mgr.. mungkin begitu lah bila bicara dengan seorang Uskup, beliau begitu tenang, serasa damai dan tidak ada nada tinggi, datar aja dan tenang... biarpun Stella bisa merasakan bila hal tsb mengecewakan beliau. Ada hal yg beliau sampaikan hanya seperti kata-kata yg biasa datar dan tenang, tetapi Stella menganggap itu sebagai petuah dan nasehatnya saja, ada hal yg buat dia kecewa tapi aku tidak tega menyampaikan balik ke bos.... he..he... (kasihan deh gue.... yah begitu sih .... kalau ada bos bos yg belum sependapat seperti kata pepatah : gajah bertengkar pelanduk mati di tengah-tengah)....... yg bijaknya cukup aku tahu saja (nggak mau dong jd pelanduk yg mati konyol ha..ha...) ..... mendapat kepercayaan masih lebih mudah, tetapi menjaga kepercayaan itu sulit..... sekali lancung ke ujian maka seumur hidup orang tidak akan percaya.... ya kan?

Bukan hanya karena beliau seorang Uskup, tapi karena sifat kebapakan yang ada dalam diri beliau maka akupun harus bisa membawa diri dan bicara juga sepertinya harus di ukur-ukur agar tidak jadi salah paham. Bete deh yah... kadang-kadang.... bila jadi sekretaris... karena mereka adalah atasan di kantor, tapi juga rasa segan kami umat kepada seorang biarawan, maka bicara pun segan deh.. (tidak sama dengan bicara dengan rekan-rekan orang awam, yg bisa dgn lugas), yang membatasi juga karena Stella menyayangi, menghormati dan sangat menghargai beliau, maka tidak ingin salah ucap dan akhirnya mengecewakan hati mereka. Itu pula pengalaman perjumpaan dan bila bicara dengan Mgr. Tapi bukan juga berarti Asal Bapak Senang (ABS)... kalau memang itu lari dari esensi hal penting, yah harus disampaikan juga agar tidak ada salah paham... karena yg paling aku ingin jaga adalah agar orang lain tidak salah paham dengan kebijakan/pendapat/perlakuan yg dikeluarkan Yayasan dimana cukup lama aku menjadi bagian sehari-hari, mengalami suka duka bekerja tetapi juga mengabdi di Yayasan/Unika De La Salle Manado, sedangkan orang lain tidak tahu keadaan/hal pasti yg terjadi. Stella tidak suka, jika hanya mendengar orang lain, tidak tahu keadaan dan orang luar bicara banyak ttg keadaan tsb..... Stella punya banyak pengalaman mengenai hal ini, karena sense of belonging and responsibility aja maka pernah lah hatiku sangat kecewa dan rasanya pingin nangis, ....... bila Mgr membaca blog ku ini, pasti Mgr tahu jelas apa itu.... karena pernah dapat curahan hatiku, tapi syukurlah waktu mengurai semuanya ...... sekarang semuanya (diharapkan) berjalan dengan baik. Memang menjadi pimpinan tidak mudah. Semakin tinggi pohon, maka anginnya makin kencang dan juga makin tinggi kan semakin lebih diperhatikan orang....... begitulah....... aku yakin dalam kepemimpinan Mgr menata memanage para pastor dan menggembalakan umat di keuskupan Manado suka duka pasti juga dialami.

Stella senang sekali bila ketemu Mgr, beliau selalu menerima dengan tangan terbuka dan senyum yang tulus........ juga bisa mendengar apa yg disampaikan dan mencerna dengan baik, biarpun sebagai orang biasa dan masih muda, kadang kala stella pikir dan mungkin karena ketidaksabaran ku juga, maka keputusan yg diambil serasa lama sekali.... mungkin memang tidak bisa se-simple itu karena melibatkan banyak orang... nasib banyak orang, belanga banyak keluarga, harapan, kepercayaan, dan aktualisasi diri banyak orang di De La Salle makanya butuh waktu dan pemikiran yg dalam........ tapi aku selalu yakin dan percaya, rahmat yang sudah dipercayakan kepada Mgr maka keputusan apa pun yang diambil maka itulah yang terbaik.

Pengalaman lain yg juga cukup berkesan buatku, kaget dong udah tengah malam kebetulan malam itu menjelang Hari Ulang Tahunku (25 Maret 2008), udah mau siap siap berdoa eh... dapat sms dari Mgr, tengah malam Mgr meminta diemail konsep acara dimana esoknya memang bertepatan dengan Acara Pelantikan Rektor De La Salle yg baru, dan ada juga inputannya, karena kebetulan waktu itu aku jadi Ketua Panitia, dan saya mengerti karena acara penting maka Mgr begitu teliti dengan susunan acaranya, ..... thank you, Mgr... stella senang juga Mgr memperhatikan dan menghargai usaha kami.

Dalam perayaan syukur yg diadakan di Auditorium Mapalus, Kantor Gubernur Prop Sulut, perayaan itu begitu meriah, dihadiri 5 orang rekan Uskup (yg ku kenal sih hanya Uskup C. Mandagi dari keuskupan Amboina, Uskup Datus Lega (Sorong), lalu mungkin 100-an para pastor yg mengiringi dalam misa, para pejabat propinsi (Gubernur S.H. Sarundajang dan Wagub Freddy Sualang), kota dan kabupaten, tokoh-tokoh umat dari agama lain, dan umat Katolik yg hadir memenuhi auditorium..... biarpun Mgr Josef inginnya perayaan yg sederhana, tapi beliau adalah tokoh penting dan Uskup Manado, dicintai oleh umatnya maka perayaan seperti itu sangat Layak dan Pantas.
Dalam misa, Stella mengikuti dengan baik kotbah yg disampaikan oleh Mgr. Mandagi dengan lugas dan ada lucunya juga.... isinya menurut ku berbobot, dan kena dgn keadaan, disamping itu disampaikan dgn agak kocak sehingga kalau Stella sih mendengar uraian yg seperti itu betah, karena menyampaikan dengan teologis bahasa yg terlalu ’tinggi tidak semua umat punya level pemikiran yg seperti akademisi, tapi bila disampaikan dengan gaya dan bahasa merakyat bisa lebih kena dengan situasi dan lebih bisa ’didengarkan’ tidak lewat begitu saja. Mgr Mandagi, stella udah kenal dari kecil... masa beliau masih seorang pastor, dulu sekali ia selalu berkunjung ke rumah, makan bersama dgn keluarga kami....... mungkin kalau ia ketemu stella sekarang sudah agak lupa, tapi orang tua ku beliau kenal dengan baik. Sifat merakyat, sederhana, tapi lugas dan tegas, sosok Mgr Mandagi yg ku tahu.

Siang hari sebelum Misa Syukur di auditorium, Stella ke wisma keuskupan, maksud hati ingin memberikan gift sederhana kepada Mgr Josef langsung, hanya sebagai tanda kasih dan kenangan akan hari bersejarah beliau.... disiapkan khusus (bela-belain juga dipikirkan apa ya untuk seorang Uskup yg punya semuanya) .... setelah masuk sms dari beliau seminggu sebelumnya, sepertinya mengingatkan akan 8 Jan 09 Hut 40th Imamat, berdoa dan bersyukurlah dengan beliau. Tentu saja, aku bukanlah apa-apa, bukan juga siapa-siapa, hanya sebagai umat tentu ingin bersyukur dan berdoa agar Mgr selalu diberi kekuatan untuk menggembalakan umatnya di Keuskupan Manado dengan sepenuh hati dan sekuat tenagamu. Tuhan sudah mempercayakan pelayanan ini kepadamu, maka Ia akan menggenapinya sampai akhirnya. Amin.

Akhirnya, karena beliau ada di ruangan bersama para uskup lain, Stella tidak berani juga ke ruangan tsb, tetapi dititipkan aja lewat sopirnya yg justru akses ke Mgr lebih mudah, ndak pake birokrasinya he..he... Semoga Mgr menerimanya dengan senang hati dan senyum tulus seperti yg selalu Stella terima bila berjumpa dengan Monsigneur. Stella sih PD aja, sesuatu yang dibuat khusus, dipersembahkan dengan tulus, hanya Mgr yang punya itu, akan terasa special, dan aku akan senang juga jika itu berkenan di hati. Terima kasih juga buat semua kebaikan dan pengertian, dari Mgr selama ini.
Doakan hambamu ini, agar juga hidup ku bisa jadi berkat bagi orang lain yg membutuhkan. Amin.

Proficiat, Mgr. Josef Suwatan terkasih..... Dominus Vobiscum.

Pipin has left you a new comment on your post :

Stella,

Banyak TK utk ulasan perayaan 40 thn Imam dari Mgr. Suwatan. Josef adalah teman baik kami, seangkatan 1958 di Farmasi , ITB dan PMKRI.Kami sangat senang membaca liputan karya nya dan turut bersyukur bhw beliau dapat merayakan 40 thn imamatnya, bersama para Uskup, imam2 dan seluruh umat yang sayang padanya.Kami juga kenal baik Uskup Mandagi, dan P. Mengko. Salam, Zita (pinny), Bogor

6 comments:

pipin said...

Stella,
Banyak TK utk ulasan perayaan 40 thn Imam dari Mgr. Suwatan. Josef adalah teman baik kami, seangkatan 1958 di Farmasi , ITB dan PMKRI.
Kami sangat senang membaca liputan karya nya dan turut bersyukur bhw beliau dapat merayakan 40 thn imamatnya, bersama para Uskup, imam2 dan seluruh umat yang sayang padanya.Kami juga kenal baik Uskup Mandagi, alm P. Mengko.
Salam, Zita (pinny), Bogor

pipin said...

Stella, maaf aku harus ralat yg almarhum itu pastor PALIT. Yah habis aku sdh rada bingung. Ke 3 pastor tsb adalah pastor keluarga adik dan alm mamahku di JKT.
Salam, Zita

Anonymous said...

Wow! Thіѕ blog lookѕ just like my
οld onе! It's on a totally different subject but it has pretty much the same layout and design. Superb choice of colors!

Also visit my page - All Inclusive Vacation Indonesia

Anonymous said...

Wow, ѕupеrb blog layout! Нow lеngthу have you bеen blogging foг?
уou mаke running a blog loоk eaѕy.
Thе full glance of your web ѕіte is fantastic, let alone
the content mаterial!

Ηere is my page - Imperial Cebu Resort Rates

Anonymous said...

Hi, yup this piece of writing is truly pleasant and I have learned lot of things from it regarding
blogging. thanks.

Take a look at my homepage :: Beverly Hills Hotel Umhlanga Rocks Pictures

Anonymous said...

Mаgnifіcеnt items fгom уou, man.

I've be aware your stuff prior to and you're јuѕt extremely great.
I really like ωhat you have аcquired rіght here, certainly like what уou're saying and the way in which in which you are saying it. You are making it entertaining and you continue to care for to stay it smart. I can't wаit to
learn much more from you. That is reallу a terrifіc site.



Heгe іs my webѕite; http://www.gamemoon.net/blogs/user/FidelCulle