Sunday 25 May 2008

Kegiatan Pembersihan Karang

Kegiatan Pembersihan Karang dengan pengangkatan organisme Bintang Laut Berduri di hamparan Karang Taman Laut Bunaken

Kegiatan ini direncanakan akan dibuat oleh Unika De La Salle Manado, pada Sabtu, 19 Juli 2008. Kenapa pembersihan karang? Yang melatarbelakangi kegiatan ini dibuat adalah kepedulian akan ekosistim di pesisir laut, terlebih Taman Nasional Bunaken adalah Ikon Sulut yg sudah terkenal di mancanegara... dan yg membuat kawasan ini terkenal adalah keanekaragaman hayati yang ada di bawah laut terutama terumbu karangnya yang sangat ........ sangat indah............ colourful dan menjadi niche atau tempat banyak organisme karang untuk mencari makan, memijah, tempat tinggal, bertumbuh dan berkembang, dan daerah ini juga merupakan kawasan penelitian untuk berbagai jenis baik biota hewan maupun tumbuhan laut yg berasosiasi di dalamnya.

Ikon Sulut yang terkenal ini bila karangnya rusak... apalagi yang akan kita sebagai warga Sulut banggakan? Akankah para wisatawan baik lokal maupun nasional apalagi mancanegara akan berkunjung ke Taman Laut Bunaken?

Salah satu kerusakan karang diakibatkan oleh semakin banyaknya ditemukan populasi Acanthaster plancii = Crown of Thorn Starfish (Cots) = bintang laut berduri = pumparade. Bintang laut berduri adalah organisme pemakan coral (karang) di terumbu karang Bunaken. Hal ini semakin mengancam eksistensi terumbu karang dan bukan tidak mungkin suatu saat bisa ambruk dan runtuh (sumber : Pahlano Daud & Prof. M. Tokeshi, 2006). Ditemukan distribusi berlebihan pada terumbu karang Taman Nasional Bunaken sekitar kedalaman 3-10 meter, dimana terdapat 25 ind/10 ha (batas normal di alam adalah 1-2 ind/10 ha), bahkan di pulau Bunaken bagian utara ditemukan 81 ind/ha.
Data ISKU (Ikatan Sarjana Kelautan Unsrat) Juli 2007 lalu, dimana saya waktu itu mengkoordinir kegiatan angkat cot’s ini, pada satu kali pengambilan di 3 spot Taman Laut Bunaken, ditemukan sebanyak 9000-an bintang laut berduri, jumlah ini sudah sangat mengkuatirkan. Yang lebih mengkuatirkan adalah semakin menghilangnya pemangsa bintang laut berduri yaitu sejenis kerang Triton dan ikan Napoleon karena diburu manusia. Oleh karena itu kerusakan terumbu karang diakibatkan dengan meningkatnya populasi hewan ini perlu mendapat perhatian serius dari kita semua agar ancaman runtuhnya terumbu karang dapat dicegah sedini mungkin.


Dengan kepedulian yg besar ini ditambah dengan momentum World Ocean Conference 2009, yang merupakan Program Pemerintah Propinsi Sulut, maka tidak berlebihan bila kita juga sebagai warga yang baik, institusi pendidikan tinggi turut berkontribusi nyata dalam mensukseskan acara tersebut. Data-data yang nanti diperoleh bisa dianalisis dan dipergunakan oleh yg berkepentingan dan membutuhkan, tapi selain itu dari Unika De La Salle Manado ingin agar kegiatan ini sukses dan didukung oleh banyak pihak.

Lebih jauh tujuan Panitia Pelaksana untuk kegiatan ini adalah :
v Menjangkau masyarakat terutama di pesisir melalui kegiatan Pembersihan karang dari tutupan bintang laut berduri (atau pumparade bahasa lokal orang Bunaken) agar ekosistem karang lestari.
v Lebih menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan hidup, terutama lingkungan pesisir laut.
v Melibatkan masyarakat lebih luas sehingga mereka dapat berpartisipasi aktif dalam tingkatan mengamankan, mempelajari dan nantinya bisa memanfaatkan karang secara bertanggungjawab dan lestari.


Foto di bawah ini akan menjelaskan.......
Apa sih bintang laut berduri itu? Organisme pemakan karang. Organisme ini memakan karang melalui mulut dan ratusan tentakel di bawah tubuhnya.

Bagaimana bentuknya?



Perhatikan deh di sekitar karang sudah berwarna putih artinya sudah mati, dan ada di dekatnya yg msh berwarna hijau, artinya msh hidup.

Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan sangat baik. Sebagai orang yang dipercayakan menjadi Ketua Panitia kegiatan ini, maka saya sangat berharap agar anggota panitia saya kompak, kegiatan persiapan termasuk pencarian dana berjalan lancar dan saat kegiatan berjalan baik, aman dan sungguh bermanfaat baik langsung terasa oleh masyarakat maupun tidak langsung yaitu ekosistem pesisir akan lestari dan kerusakan dapat dicegah sedini mungkin.

God help me to manage this activity.......... I just count on You. I believe if You put your hand in every way, every step so it will through so well. I will do my part the best that I can, the rest that’s Your will. Amien.

No comments: