Friday 6 August 2010

Happy Birthday Pst Agus....

Perjumpaan dengan Pst Agus pertama kali pada awal Juli 2003, saat saya memasukkan lamaran pekerjaan di Yayasan/Unika De La Salle Manado, kesan pertama beliau agak acuh gayanya, tapi ternyata sangat memperhatikan. Lebih jauh sejak Agustus 2003, saya dipercayakan menjadi Sekretaris Ketua Yayasan yang artinya menjadi sekretaris beliau karena waktu itu Pst Agus adalah Ketua Yayasan PTU De La Salle Manado, sampai masa beliau tidak lagi menjabat sebagai Ketua Yayasan pada 3 Agustus 2007. Selama dari tahun 2003-2007 bersama keseharian beliau di kantor ataupun luar kantor, banyak sekali yang ku dapat seperti pengajaran, kepercayaan, apresiasi, dan kesempatan belajar banyak hal baru terkait pekerjaan dan relasi dengan sesama. 3 kata kunci yang selalu ku ingat dari apa yang beliau katakan pada awal mula saya bekerja adalah ‘jaga kepercayaan, harus jujur dan bisa diandalkan dalam tugas’. Kepercayaan & delegasi tugas yang cukup banyak, saya merasa enjoy melakukannya. 4 tahun bekerja bersama setiap hari dengan Pst Agus dengan segala dinamika pekerjaan dan berbagai persoalan yang harus dihadapinya, kurang lebihnya aku bisa mengerti mengapa beliau harus berkata begitu, mengambil keputusan seperti itu, dan bertindak demikian, hal ini karena dialog dan komunikasi yang selalu terjalin baik. Hal yang bisa membuat Pst Agus marah (‘baveto’ sambil berkacak pinggang) kepada staf di kantor adalah bila pekerjaan yang sudah rutin, hanya sepele tidak dilakukan atau lambat dibuat sehingga menimbulkan complain dan merugikan banyak orang. Tapi saat menghadapi masalah besar, tekanan berat dan pendapat orang yang salah mengenai beliau, Pst Agus justru sangat tenang dan menyikapi hal itu dengan jiwa besar. Saya kagum untuk kematangan emosionalnya.
 
Bagi saya kesan bisa saja salah, tetapi perbuatan yang dilakukan menunjukkan siapa ia sesungguhnya, yang saya tahu dengan pasti karena banyaknya pengalaman dengan Pst Agus adalah beliau tidak pernah menyimpan marah, kuat dalam prinsipnya, tidak mudah terpengaruh, konsisten dalam kata dan tindakan, berjiwa perintis/pioneer, tidak suka menunda pekerjaan, pengatur, tidak suka berdebat, kelihatan acuh tapi sebenarnya sangat memperhatikan orang, kelihatan agak angkuh tetapi sebenarnya murah hati. Sebagai manusia tidak lepas dari kekurangan, tetapi yang akan ku ingat adalah semua kelebihan Pst Agus Mangundap baik sebagai sosok gembala/imam yang taat, guru yang mendidik, pemimpin yang bertanggungjawab, dan bapak yang melindungi. Terima kasih Tuhan, pernah mengenal dan dekat dengan sosok Imam seperti beliau. Terima kasih Pst Agus untuk semuanya.
Pada kesempatan ini di HUT beliau ke 68 (tgl 5 Agustus 2010),  Stella dan keluarga (Kel. Kaunang Karundeng) mengucapkan banyak selamat dan doa agar kesehatan tetap, kebahagiaan sejati, karya dan pengabdian Pastor terus diberkati oleh Allah yang maha kuasa. Perjalanan panjang dan pengalaman yang banyak itu dari seorang Pst Agus dapat menjadi kesaksian hidup dan berkat bagi banyak orang. Proficiat!

No comments: