Monday 21 June 2010

Perayaan HUT ke-2 Paroki St Mikael Manado & Pemberkatan Pastorannya


Tgl 8 Juni 2010 adalah Hut ke-2 parokiku sekarang di Paroki St. Mikael Perkamil, Manado. Di bulan April Dewan Paroki mengeluarkan Surat Keputusan untuk membentuk Panitia Penyelenggara acara tersebut.  Bersama 74 orang anggota Panitia, dengan ketuanya Bpk. Dr. Herman Karamoy, Ak, MSi, kami bekerja bersama untuk mensukseskan acara gereja ini. Dalam kepanitiaan Stella dipercayakan Koordinator seksi Acara dan Sekretariat juga…. Jadinya semua yang menyangkut acara/kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT  Parokiku tersebut menjadi tanggungjawabku, juga dalam sekretariat.  Dalam rapat-rapat selama keluarnya SK Panitia sampai puncak acara, yang saya ingat hanya 5 kali panitia rapat, selain itu lebih ke kordinasi antar panitia inti (Wkl Ketua Ibu J. Tanudjaja-L, Sekretaris Bpk H. Kumokong, SPd, dan Bendahara Ibu Eliana Handoko) dengan koordinator tiap seksi….. Toh Stella sangat merasa terbantu, karena koordinator seksi lomba baik kerohanian, seni dan olahraga bekerja dengan baik, sesuai tugasnya. 
Dalam rangka perayaan HUT ke-2 ini telah diprogramkan berbagai kegiatan seperti Lomba kerohanian, kesenian, olahraga dan pengobatan gratis yang diharapkan berdampak positif bagi umat, dengan tujuan yaitu :
-          - Meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan umat se-Paroki St. Mikael Manado
-          - Meningkatkan kesadaran umat agar sehati sejiwa dalam mengemban tugas pelayanan/perutusan gereja
-          - Memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitarnya demi kerukunan umat beragama
-         -  Menjadi Tanda Kehadiran Tuhan kita Yesus Kristus dalam dunia ini di bawah perlindungan Malaikat Agung St. Mikael (nama paroki yg dipakai).

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai program seperti :
A. Kegiatan Kerohanian
Tanggal 13 Mei 2010 umat Katolik St. Mikael dalam rangka Bulan Rosario melaksanakan Ziarah ke Pondok Emaus, Tateli.
Tanggal 13 Mei 2010, dilaksanakan Lomba Cerdas Cermat Alkitab di Pondok Emaus Tateli.
Tanggal 23 Mei 2010 dilaksanakan Lomba Baca Kitab Suci kategori anak/remaja di Aula Gereja St. Mikael Manado

B. Lomba Seni
Tanggal 23 Mei 2010 dilaksanakan Lomba Menyanyikan Mazmur kategori anak/remaja di Gereja St. Mikael Manado
Tanggal 30 Mei 2010 dilaksanakan Lomba Menyanyikan Mazmur kategori Dewasa di Gereja St. Mikael Manado.
Tanggal 16 Mei 2010 dilaksanakan Lomba Karaoke antar keluarga di Aula Gereja St. Mikael dengan Lagu Wajib “Berbahagialah Tiap Rumah Tangga”.

B. Kegiatan Olahraga
Tanggal 15 Mei, 22 Mei dan 29 Mei 2010 dilaksanakan Lomba Bola Volley kategori antar keluarga di kompleks Persekolahan St. Laurentius Manado
Tanggal 16 Mei, 23 Mei dan 30 Mei 2010 dilaksanakan Lomba Sepak Bola Mini Kategori antar keluarga di kompleks Persekolahan St. Laurentius Manado.

Juga tgl 5 Juni 2010 lalu dilaksanakan Pengobatan Gratis bagi umat paroki dan juga terbuka untuk masyarakat sekitar gereja kami.

Momentum perayaan HUT ke-2 Paroki St. Mikael sekaligus dimanfaatkan dengan Pemberkatan Gedung Pastoran St. Mikael yang baru selesai dibangun dengan cara swadaya umat dan bantuan para donatur.  Setelah Misa Syukur yang langsung dipersembahkan oleh Uskup Manado, Mgr. Josef Suwatan, MSC didampingi Vikep Manado Pastor Wens Maweikere, Pr dan Pastor Paroki Bertje Karundeng, Pr, lalu diadakan pemberkatan pastoran. Pastoran yang saya kira sampai sejauh ini yang ku tahu paling bagus dibandingkan pastoran-pastoran yang ada di Kevikepan Manado….

Menjelang acara puncak Sabtu, 19 Juni 2010, panitia lebih sibuk lagi…. Yang lain apalagi bagian perlengkapan, mendirikan tenda dan menyiapkan sound system juga dekorasi gereja maupun tenda, tetapi juga umat yang ‘care’, bahkan dari sore sampai malam hari kerja bakti di pastoran. Bergiliran para ketua wilayah mengorganisir membawa kue dan makanan ke pastoran untuk yang kerja bakti….  Syukurlah malam menjelang semuanya siap, yang latihan juga dari bapak-bapak latihan kolintang, ibu-ibu WK latihan maengket untuk persembahan, sudah gladi bersih…. Uhh aku jadinya tidak kuatir. Tinggal lihat acara esok deh.

Sabtu, 19 Juni 2010 jam 08.00 pagi Uskup Manado tiba disambut Musik Bambu (yang kami sewa dari Rumengkor), atraktif… kemudian dihantar ke pastoran lama istirahat setengah jam untuk minum pagi dan makan kue.  Akhirnya Misa Syukur dalam rangka HUT Paroki ke 2 dimulai tepat 08.30 sampai jam 10.00, dilanjutkan pemberkatan pastoran… setelah itu sudah acara di tenda depan pastoran. Tenda yang besar dipenuhi undangan dan umat….. syukurlah sebagai MC saat itu, akhirnya acara bisa dihantar sesuai dengan yang diagendakan dan jam makan tepat waktu hehe jam 12.00 sudah makan siang bersama.

Entah kekuatan darimana, karena sudah 2 malam menjelang aku tidur jam 12 malam pulang dari kerja bakti di pastoran dan juga melihat kesiapan orang-orang yang akan mengisi acara, seperti bapak2 yang main kolintang, ibu-ibu yg latihan maengket, mudika paroki yang latihan koor. Selain itu jumat subuh pertandingan tim fave, sambil aku menulis sertifikat para pemenang….. tidur hanya 2 jam. Bangun jam 5 pagi, mempersiapkan diri…. Dan tiba di gereja jam 7.30….. mengikuti misa, memandu acara sesudahnya (jadi MC), lalu acara bebas di tenda, chaka-chaka, cha-cha, waltz, nyanyi hingga selesai acara jam 15.00 kembali ke rumah baru terasa lelahku dan kakiku nyut-nyut……………. Terima kasih Tuhanku untuk kekuatan dariMu…. Selama MC aku msh bisa konsentrasi (biarpun tidak fit), karena udah beberapa hari stress dgn acara dan persiapan, makan tidak teratur, kalaupun makan rasanya sedikit aja dan cepat kenyang……  aku juga mempersiapkan undangan, buat sertifikat untuk para pemenang, peserta lomba dan sertifikat buat panitia, beberapa undangan ku bawa sendiri, pokoknya apa yang bisa ku buat, diusahakan dengan sebaik mungkin…..  

Syukur pada Tuhan, tidak dapat ku sebutkan satu persatu nama pihak yang membantu, tetapi intinya kepada Pastor Paroki, Pst Bertje Karundeng, Panitia Inti, dan para koordinator seksi lomba yang sudah bekerja dengan baik, sehingga seluruh rangkaian lomba dan acara menjadi  terlaksana dengan baik pula. Tentu saja ada kekurangan-kekurangan kecil tetapi tidak mengganggu dan merusak acara….. he..he… biasalah bekerja dalam sebuat tim, hal dekorasi balon saja antar ibu-ibu bisa jadi ‘hal’, mau pasang dimana, warnanya apa… duhhhh bukan hal penting deh pikirku… heran…. Tetapi toh karena menghadapi ibu-ibu lebih tua, aku sih hanya bisa smile dan menyabarkan mereka yang agak silang pendapat….. he..he… aku jadinya lucu aja….. biasalah yang mengusahakan sudah capek, ehh yang datang2 malah bilang bikin begini atau begitu…. Memang bikin jengkel…………  tapi disikapi aja dgn wise….. he..he….
Bagiku, yg penting juga semuanya berjalan lancar …. Amin. Syukur juga bahwa dalam lomba-lomba yg diselenggarakan umat di wilayah rohaniku Sta. Elisabeth berpartisipasi dalam semua lomba dan banyak menangnya sehingga Trophy Bergilir Pastor Paroki jatuh ke wilayah rohaniku sekarang he..he.....  lumayanlah….. itu berarti banyak  orang-orang potensial untuk gereja… Pro Eclesia and Patria (untuk Gereja dan Tanah Air).  Terima kasih Tuhanku untuk semuanya……… untuk Engkaulah kemuliaan ini. amin

No comments: