Thursday 10 December 2009

Penelitian Dosen Muda (2009)

Duh senangnya … dari rencana 8 bulan dalam proposal, akhirnya dapat diselesaikan dalam 5 bulan saja bergelut dengan penelitian dosen mudaku… akhirnya selesai juga. Hal ini sih menurutku tuntutan sebagai seorang dosen untuk mampu melakukan 3 dharma PT yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Awalnya sih buat proposal (saya ingat bulan Nop 2008), diseleksi di tingkat internal unika baru dikirim ke KOPERTIS wil IX Makassar. Disana dilihat apakah lolos dan tidak baru dikirim ke Dikti Jakarta. Syukurlah dari banyaknya dosen muda dari berbagai PTS di wilayah Makassar, Sulut dan Gorontalo yang mengirim proposal ke Kopertis, dan ternyata Unika De La Salle Manado bisa lolos seleksi dan 6 proposal penelitian dosen muda (PDM)nya, dari 9 aja yang dapat di SULUT.

Bulan Feb 2009 lalu bertempat di Hotel Ritzy Manado, ke-9 penerima PDM, kepala-kepala Lemlit PTS dan juga Rektor/ketua Sekolah Tinggi bertemu dengan Koordinator Kopertis Wil IX Makassar, diadakan penandatanganan kontrak.

Penelitian kecilku dilakukan di Daerah Aliran Sungai Talawaan Minahasa Utara,… melihat distribusi merkuri dalam sedimen dan biota di sana. Maklumlah marak pertambangan rakyat tanpa ijin, mereka juga menggunakan merkuri untuk tapisan emas dari sungai…. Daerah itu merupakan daerah budidaya ikan air tawar (kolam) seperti nila, mujair, ikan mas. Keluargaku memiliki telaga dan kolam untuk konsumsi sendiri, dan ada juga keluargaku yang lain untuk keperluan/usahanya. Concern ini juga mendorong ku untuk mau meneliti di daerah sana.

Proposal PDM, saya ajukan justru disaat saya masih di Yayasan, saya ingat nanti bulan Mei 2009 ini, saya dipindahkan di Universitas, kebetulan dipindahkan di Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM).
PDM ini tidak lepas dari bimbingan supervisorku, Ir. M Lasut, MSc, Dr.tech, beliau yang sekarang ini berkolaborasi dengan Minamata Disease Institute, Jepang untuk suatu penelitian, banyak memberikan arahan karena memang penelitian besar yang ia lakukan, grant design, dan penelitianku ini merupakan juga bagian dari itu untuk mendapat data distribusi… ide dan topik diberikan dan aku menyambutnya dengan senang hati…… kami saling membantu untuk itu. Biarpun dari institusi yang berbeda tetapi tidak menghalangi untuk berkoordinasi. Saya banyak belajar dan menggali kemampuan analisis lagi. Saya terima kasih untuk semuanya kepada beliau, arahan, bimbingan, bantuan moril, kepercayaan, hal ini membuat semuanya dapat dilakukan dengan lancar. Terima kasih juga untuk teman-teman dosen dan mahasiswa FPIK Unsrat dari lab Toksikologi dan Farmasitika Laut, yang telah membantu baik di lapangan maupun di laboratorium beberapa waktu lalu. Ada Vivi, Ester, Boncu, Janny, dan Indah. Terima kasih juga untuk institusi ku saat ini Unika De La Salle Manado, memberikan kemudahan terutama banyak ijin he..he.. krn harus ke lapangan dan lab di Kampus Unsrat sehingga saya tidak harus masuk kantor.

Saya tidak mengharapkan banyak untuk appresiasi, karena saya cukup senang dengan perhatian dan kepercayaan yang diberikan, biarpun saya juga menyadari… ilmu dan arahan banyak saya peroleh dari orang-orang diluar lembaga yang kunaungi, hanya secara kewajiban administrasi, LPPM membantu karena memang saya bekerja di De La Salle.

Apapun itu saya percaya, jalan sudah dibuka untuk maju dan bisa mengasah lagi ilmu yang pernah ku dapat. Saya hanya berharap, langkah kecil ini bisa ‘punya arti’ untuk pengembangan diriku, mahasiswaku dan institusi ke depan. 1000 langkah dimulai dari 1 langkah… tidak pernah akan genap 1000 langkah, kalau tidak ditapaki oleh 1 langkah ditambah 1, dstnya…..

Awal Nop 2009 bertempat di Gran Puri Hotel, 2 orang evaluator dari Kopertis Wil IX Makassar, datang mengevaluasi progress penelitian yang dilakukan… kami harus memasukkan laporan kemajuan I dan II, ada formatnya dan ditandatangani ketua peneliti. Ada juga sesi Tanya Jawab dengan Dr. Zulkifly (dari Kopertis Makassar).

Di balik banyak kekurangan dalam pelaksanaan penelitian itu, saya berharap dan yakin pasti membawa manfaat, besar dan kecil tergantung perspektif mana kita menilainya…. Materi tidak seberapa, tapi kepuasan batin dan kesenanganku bisa melewati semuanya dengan lancar… saya bersyukur dan terima kasih untuk itu.

No comments: